BASisme Blog

All About Jongga With The Idea of Law, Stories, Issues and Games

Mengapa Bailout Century Meledak Jadi Rp 6,7 T

Mengapa Bailout Century Meledak Jadi Rp 6,7 T


VIVAnews – Anggota Komisi Keuangan DPR Dradjad Hari Wibowo mempertanyakan langkah PT Bank Century Tbk yang akan menanggung deposito nasabah tertentu yang sebelumnya dipersoalkan.

“Saya menyangsikan mengapa penyelamatan Bank Century bisa mencapai lebih dari Rp 6,7 triliun,” ujar Dradjad kepada VIVAnews di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Hari ini, Kamis, 27 Agustus 2009, DPR memanggil Menteri Keuangan Sri Mulyani, Lembaga Penjamin Simpanan dan jajaran Bank Century untuk meminta kejelasan mengenai ledakan suntikan modal ke bank yang sebelumnya dikendalikan oleh Robert Tantular tersebut.

Dradjad curiga ada yang perlu dipertanyakan dengan pembengkakan angka penyelamatan (bailout) Bank Century. Apalagi, menurut dia, ada ketidakjelasan mengenai pencairan deposito nasabah-nasabah tertentu. “Apakah deposito itu layak ditanggung oleh Century atau Lembaga Penjamin Simpanan atau tidak,” katanya.

Dia menduga ada indikasi perlakuan khusus terhadap nasabah tertentu, sementara nasabah Century yang lain harus berdemo dan tetap diabaikan. Itu terkait dengan dana mereka yang diinvestasikan di reksa dana Antaboga Delta Sekuritas, yang juga dikendalikan oleh Robert Tantular.

Sumber VIVAnews yang dekat dengan Boedi Sampoerna menjelaskan mesti dibedakan antara deposito dan reksa dana. Sampoerna, kata dia, memiliki deposito di Bank Century, serta reksa dana di Antaboga. “Duit ratusan miliar yang diinvestasikan di Antaboga nasibnya tidak jelas seperti nasabah yang lain,” katanya.

Namun, duit yang didepositokan di Bank Century harus menjadi tanggungan Bank Century. Sebab, Sampoerna masih tetap memegang bilyet asli deposito tersebut. “Yang dicairkan oleh Dewi kan bilyet palsu dan tanda tangan Boedi Sampoerna juga dipalsukan.”

Direktur Utama Bank Century, Maryono menegaskan dana Boedi Sampoerna di PT Bank Century Tbk sebesar US$ 18 juta tetap aman, meski sempat dicairkan oleh manajemen lama, Dewi Tantular.

Menurut dia, yang digelapkan oleh Dewi sesungguhnya adalah duit Bank Century. Itu dilakukan secara bertahan selama setahun. Namun, saat akan diambil alih oleh pemerintah, Dewi mencairkan deposito Boedi Sampoerna senilai US$ 18 juta untuk menutupi bolongnya dana Bank Century.

Mengacu pada hasil audit atas Bank Century, sejak pengambilalihan bank ini, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah menyuntikkan modal sebesar Rp 4,97 triliun hingga Desember 2008 yang disebut Penyertaan Modal Sementara (PMS).

Pada 2009, LPS kembali menyetorkan Rp 1,785 triliun sehingga total suntikan sebesar Rp 6,762 triliun. Berkat suntikan LPS, dan perbaikan manajemen, Bank Century telah keluar dari status pengawasan khusus.

heri.susanto@vivanews.com

Sumber Asli, Lihat:

http://bisnis.vivanews.com/news/read/85756-mengapa_bailout_century_tembus_rp_6_7_triliun

Edit by

BASisme1484


Filed under: My Articel, , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Visitor Online

Blog Stats

  • 84,009 hits

RSS Up Date News

RSS Lowongan Kerja Terbaru

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

antivirus 2009

My Polling

%d bloggers like this: