BASisme Blog

All About Jongga With The Idea of Law, Stories, Issues and Games

Jika Century Ditutup, Dampaknya Buruk Sekali

Jika Century Ditutup, Dampaknya Buruk Sekali


VIVAnews – Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Darmin Nasution mengungkapkan alasan mengapa Bank Indonesia dan pemerintah sepakat untuk menyelamatkan PT Bank Century Tbk ketimbang menutupnya.

“Kalau Century dimatikan, jangan-jangan dampaknya buruk sekali,” ujar Darmin dalam pertemuan dengan para pemimpin redaksi media massa di Jakarta, Jumat, 28 Agustus 2009.

Dia menekankan pada November 2008, saat krisis keuangan global sedang menghantam, tidak ada yang bagaimana perkembangan situasinya. “Semua sudah khawatir dengan perkembangan krisis global.”

Menurut dia, pada saat itu ada 23 bank, yakni 18 bank umum dan 5 bank pembangunan daerah (BPD) yang menghadapi persoalan. Bank-bank tersebut sebenarnya sehat, tetapi berpotensi menghadapi masalah likuiditas.

Indikasinya, menurut Deputi Gubernur BI Budi Rochadi, saat Century menghadapi skors kliring, sejumlah bank lain juga menghadapi goncangan. Penarikan dana di bank-bank ini juga meningkat dan dipindahkan ke bank-bank besar. “Artinya, ada perasaan tidak aman di bank-bank tersebut.”

Dia mengingatkan bank sebesar apapun jika dananya ditarik terus menerus oleh nasabah juga akan berbahaya. Budi memberikan contoh nasib BCA pada 1998. “Ini adalah bank besar, tetapi rontok juga setelah di-rush oleh nasabah.”

Darmin menekankan dalam situasi krisis memang tidak bisa dibayangkan apa yang akan terjadi. “Jangan karena sudah selamat, seolah tidak ada harganya,” kata dia. • VIVAnews

http://bisnis.vivanews.com/news/read/86277-jika_century_ditutup__dampaknya_buruk_sekali

Editing By

BASisme1484

Filed under: My Articel, , , , ,

One Response

  1. miphz says:

    Hoho, polemik, hahehoh masalah duit. Money changes everything, debat duit kali ini saya garis bawahi sebagai sepak bola, harus diakhiri nantinya dengan peluit panjang wasit. Yang satu senang karena nyimpan kepentingan politis, mau kudeta katanya, yang satu lagi senang karena yakin bakal ngebuktiin kebenaran bahwa ada indikasi dampak sistemik, dengan sekolahnya yang di luar negeri, yang satu lagi yang sekolahnya lokal, lebih tau konteks katanya, bergembira sebagai pengamat karena bisa memberikan komentarnya, yang satu lagi merasa senang ketika menginvestigasi siapa sih yang paling bertanggung jawab, ada bakteri apa sih di neraca keuangan, yang satu lagi senang karena ada kerjaan demonstrasi dan bakar-bakar foto wajah, yang satu lagi senang dengan banyaknya iklan yang masuk, wartawan ada pekerjaan, yang satu senang produknya dibeli karena masang iklan di layar sinetron Century, yang satu lagi senang ada topik buat blognya. Hahehoh. Jadi intinya semua senang. Termasuk nasabah Century, senang karena banyak orang membicarakan duitnya.😉

    http://themiphz.wordpress.com/2009/12/16/senang-senang-bank-century/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Visitor Online

Blog Stats

  • 84,009 hits

RSS Up Date News

RSS Lowongan Kerja Terbaru

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

antivirus 2009

My Polling

%d bloggers like this: